Kampus

Kuliah Umum Teknik Mesin : Industri Mesin Kondisi Terkini Dan Prospek Masa Depan

Kuliah Umum Teknik Mesin : Industri Mesin Kondisi Terkini Dan Prospek Masa Depan

Iffah Rodliyatam | Kamis, 29 Desember 2016 - 10:00:00 WIB | dibaca: 176 pembaca

Perkembangan teknologi engineering dan pertambangan di dunia yang begitu pesat disertai dengan perkembangan kreatifitas dan inovasi di bidang ini , telah mendorong para siswa untuk lebih aktif dan kreatif di bidang teknologi khususnya di Industri dan migas dan hal hal yang terkait langsung dengan dunia engineering ini.Perlu disadari pula bahwa program pengenalan migas secara dini ini  adalah bidang yang sangat ditentukan oleh kesempatan yang dimiliki oleh para siswa untuk berperan serta langsung menentukan sendiri ketika lulus apakah mereka akan memilih dunia manufaktur ataukah dunia migas yang masih terkait dengan teknik mesin. 

Seperti yang telah disampaikan oleh KAPRODI TEKNIK MESIN yaitu Bapak Windarta,ST,MT bahwa kuliah umum ini diharapkan agar mahasiswa, akan mendapatkan gambaran  dan memotivasi untuk lebih membuka wawasan agar tidak hanya terpaku pada dunia permesinan akan tetapi juga dunia engineering lainnya yaitu salah satunya migas. Kegiatan kuliah umum yang baik tentunya akan menangkap animo dari para pesertanya selain itu Kuliah umum yang dilakukan untuk memberikan kesempatan baik untuk mensosialisaikan tema baru , sekaligus menangkap bibit bibit yang memiliki potensi pengembangan pada bidang ini . hal ini ditunjukkan dari animo , antusiasme , dan keseriusan mahasiswa untuk mencari kelanjutan yang diberikan pada kuliah umum . karena nya akan sangat baik , setelah kuliah umum yang mahasiswa mengadakan kunjungan langsung ke industri migas

Sedangkan menurut Bapak Nabil Al-Batati,ST,MT sebagai PEMAKALAH KULIAH UMUM bahwa Kegiatan kuliah umum ini diharapkan  memberikan gambaran tentang tema dan bidang keilmuan baru yang dapat memberikan wawasan dan memotivasi mahasiswa untuk membuka mata akan adanya teknologi dan ilmu baru bidang migas atau pertambangan. mahasiswa juga diharapkan terinformasi tentang kompetensi yang dibutuhkan industri pada pasar kerja , terkait bidang ini. Hal ini akan memberikan gambaran bagi mahasiswa akan kompetensi yang harus dicapai untuk bidang kerja tertentu terkait keilmuan diatas pada dunia industri sebenarnya.

 Maksud dan tujuan diselenggaran kuliah umum , antara lain :

-Sebagai sarana memperluas wawasan dan pengetahuan tentang minyak dan industri

-Memberikan motivasi dan langkah bagi mahasiswa yang berencana menekuni bidang migas dan bidang terkait lainnya seperti pertambangan dan alat berat

-Sebagai salah satu bentuk rintisan peminatan mahasiswa untuk kegiatan migas yang akan menjaring mahasiswa yang kompeten dan memang berpotensi baik.

-Menjadi media pengukuran terhadap kesiapan serta kebutuhan sivitas akademika akan kajian ilmu dan teknologi yang terkait bidang permesinan. 

 

Beberapa manfaat terkait kuliah umum sesuai tema kali ini yaitu INDUSTRI MIGAS KONDISI TERKINI DAN PROSPEK MASA DEPAN akan menghasilkan luaran sebagai berikut :

-Memberikan kesempatan seluas luasnya kepada mahasiswa untuk membuka dan    mengembangkan wawasan bidang mnyak dan industri.

-Memberikan informasi yang lebih mendalam tentang bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan migas dan kesempatan untuk pengembangna dan termasuk kesempatan mengembangkan enterpreunership terkait bidang ini.

-Memberikan penanaman dini akan kepercayaan diri dan motivasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan kajian robotik bersama sivitas akademika lainnya.