Kampus

Wow, begini alat pembelah durian buatan mahasiswa UMJ

Wow, begini alat pembelah durian buatan mahasiswa UMJ

Iffah Rodliyatam | Kamis, 29 Desember 2016 - 09:45:53 WIB | dibaca: 211 pembaca

MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan inovasi kreatif yang dinilai sangat berguna dan efisien.

Inovasi tersebut yaitu, alat pembelah durian. Karyanya diikutsertakan dan dipamerkan dalam acara Pertamina Technopreneur Challenge (PTC) 2016 yang diadakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Rabu 28 Desember 2016.

"Melihat kondisi masyarakat yang biasanya kesulitan membelah durian dengan cara, maka kami berinisiatif membuat cara modern seperti ini," kata Ketua TIM peneliti Rafian Zuhdi.

Rafian juga memberikan nama terhadap alat tersebut, dengan panggilan 'Mesin Pembelah Buah Durian Sistem Pneumatik untuk Meningkatkan Hasil Produksi'. Saat ditemui MAKASSARTERKINI.COM, ia menjelaskan, inovasinya dibuat dengan bahan besi dan terdiri dari handle, pemutar dengan ulir, ujung logam tajam, serta bagian penampung durian.

"Untuk mengoperasikan, caranya sangat sederhana. Durian diletakkan di penampung yang ada, kemudian menggunakan aktuator dari bentuk vertikal dan horisontal. Sehingga tekanan udara yang dihasilkan dari aktuator menjadikan handle dioperasikan, jadi ujung tajam menyentuh durian sehingga kulit yang menyatu kemudian terlepas dari buahnya," jelasnya.

Lanjutnya lagi, alat pemutar dioperasikan hingga ujung tajam menembus kulit durian dan membelahnya. Begitu sebagian sisi durian sudah terbelah, pengguna tinggal memisahkan buah dan kulitnya.

Rafian mengatakan, alat tersebut portable dan bisa dipakai siapa saja, di rumah, untuk pedagang, juga berguna bagi industri rumahan.

"Dengan alat ini, kini penikmat durian tak perlu takut tangannya terluka kena pisau atau benda tajam lain yang dipakai untuk membelahnya. Saya berharap benda ini bisa diproduksi secara massal," tambahnya. (B)

Sumber:https://www.makassarterkini.com/m/berita/4586/wow-begini-alat-pembelah-durian-buatan-mahasiswa-umj 

Nama - Nama Peserta :

1. Rafian Zuhdi Akhadi ( 2014440041)
2. Ryan Listyansyah (2014440048)

3. Septo Cahyo Aji (2014440050)