Sejarah Fakultas

Iffah Rodliyatam | Senin, 12 Januari 2015 - 10:33:02 WIB | dibaca: 13145 pembaca

Islam mengajarkan umatnya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini guna mempermudah umat manusia dalam memahami tentang ke-Esaan Allah SWT dan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya sebagai khalifah dimuka bumi.

 

Menyadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dan pentingnya penguasaan bidang ini bagi umat Islam, maka sekelompok Sarjana Teknik di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah merencanakan untuk membuka Fakultas Teknik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

 

Tanggal 27 Agustus 1963, terwujudlah idealisme dan cita-cita para sarjana tersebut dengan dibukanya secara resmi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Setelah melakukan perjalanan yang panjang, maka baru pada tahun 1975, Fakultas Teknik dapat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dengan tempatinya kampus di Jalan Cempaka Putih Tengah 27, Jakarta Pusat 10510 yang merupakan sumbangan dari WORLD WIDE PERTAMINA FOUNDATION.

 

A.     DESKRIPSI SINGKAT JURUSAN

1. Jurusan Teknik Sipil

            Jurusan Teknik Sipil FT-UMJ adalah Jurusan Teknik Swasta Pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1963. Terakreditasi B pada tahun 2014. Beban studi pada jurusan Teknik Sipil ada sebanyak 150 SKS yang terbagi dalam 8 semester. Lama masa tempuh pendidikan para lulusan Teknik Sipil rata-rata 9-10 semester dengan masa studi paling lama maksimal 14 semester. Para lulusan Teknik Sipil banyak berkecimpung di bidang konstruksi untuk bangunan gedung, jalan, fasilitas umum, jembatan, dermaga, terowongan serta menara. 

 

2. Jurusan Teknik Elektro

            Jurusan Teknik Elektro FT-UMJ berakreditasi C pada tahun 2010. Beban studi ynag harus ditempuh mahasiswa adalah 144 SKS. Ada dua konsentrasi peminatan pada Teknik Elektro, yaitu : Tenaga Listrik dan Elektronika. Rata-rata masa studi mahasiswa Teknik Elektro FT-UMJ adalah 9-10 semester. Para lulusannya diharapkan dapat meningkatkan iklim penelitian, kerjasama dan pengabdian masyarakat serta dapat bekerja secara profesional, kreatif dan inovatif.

 

3. Jurusan Teknik Kimia

            Jurusan Teknik Kimia FT-UMJ merupakan salah satu dari tujuh jurusan yang ada di FT-UMJ. Didirikan pada tahun 1963 dan dalam perkembangannya pada tahun 2014 telah mendapat status akreditasi B.

            Dalam proses belajar mengajar silabus mata kuliah selalu mengacu pada kurikulum nasional (Kurnas). Kurikulum dirancang 4 tahun (8 semester) dengan beban studi sebanyak 151 SKS dan ada dua konsentrasi peminatan, yaitu : Teknologi Kimia dan Teknologi Silikat. Untuk mahasiswa yang pandai dapat menempuh program studi selama 8 semester. Lama studi rata-rata mahasiswa Jurusan Teknik Kimia adalah 10 semester.

 

            Alumni Teknik Kimia dirancang dapat bekerja mandiri dan berwirausaha sehingga diharapkan dapat membuka lapangan  kerja. Jurusan Teknik Kimia juga pernah mendapatkan bantuan berupa bahan kimia, peralatan laboratorium dari berbagai pihak, seperti : Belanda, Pertamina, Jepang (JICA), Dikti-Depdiknas, TPSDP batch II, Dikti-ADB periode 2002-2006.

 

5. Jurusan Teknik Industri

            Jurusan Teknik Industri FT-UMJ mendapatkan Akreditasi B pada tahun 2014. Beban studi Teknik Industri adalah 148 SKS yang terbagi dalam 8 semester. Lama masa studi rata-rata mahasiswa Teknik Industri adalah 9-10 semester. Para lulusan Teknik Industri diharapkan mampu membuat perencanaan dan pengendalian produksi, mampu membuat studi kelayakan untuk pendirian pabrik, serta mampu membuat perencanaan dan pengendalian kualitas dan quality assurance product.

 

6. Jurusan Teknik Arsitektur

            Program pendidikan Teknik Arsitektur FT-UMJ (TA FT-UMJ) berstatus Akreditasi A pada tahun 2014 dan merupakan pemenang program pengembangan pendidikan Semi Quality Undergraduate Education V Depdiknas periode 2003-2005. beban studi jurusan Teknik Arsitektur FT-UMJ adalah 146 SKS untuk 8 semester. Sarjana yang dihasilkan oleh TA FT-UMJ diharapkan mampu menjadi ahli dalam bidang perencanaan, perancangan dan pengelolaan lingkungan. Memiliki pengetahuan, ketrampilan, etika, tanggung jawab terhadap profesinya serta mampu mengembangkan pilihan karirdan memiliki daya saing dalam berprofesi.

 

7. Jurusan Teknik Informatika

            Jurusan Teknik Informatika FT-UMJ baru ada pada tahun 1993. Program studi Teknik Informatika didirikan dengan maksud untuk menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi yang sangat pesat. Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika dirancang dengan mengacu pada Kurikulum Nasional dengan pendekatan sistem SKS yang berjumlah 147 SKS dan dapat diselesaikan selama 4 tahun. Para lulusan Teknik Informatika FT-UMJ ini diharapkan dapat berperan aktif dalam berbagai bidang Industri, Penelitian, Informasi dan yang lainnya. Status Akreditasi untuk Teknik Informatika FT-UMJ adalah B tahun 2012.

 

8. Program D3 Teknik Otomotif dan Alat Berat

            Program D3 Teknik Otomotif dan Alat Berat (D3OAB) FT-UMJ didirikan untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja dalam bidang industri heavy equipment yang akan bekerja pada lokasi pertambangan, kehutanan, minyak & gas bumi serta konstruksi. Program studi D3OAB FT-UMJ bekerja sama dengan PT. United Tractor Tbk. Pelaksanaan perkuliahan dilakukan di FT-UMJ untuk semester 1-3 dan untuk semester 4-6 dilaksanakan di PT. United Tractor Tbk dengan total beban studi sebanyak 118 SKS. Untuk pelaksanaan On the Job Training untuk para mahasiswa D3OAB ini akan ditempatkan di seluruh cabang PT. United Tractor Tbk di Indonesia. Terakreditasi B pada tahun 2013.